Senin, 03 September 2012

Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Hai Dy..... Kali ini aku mau sharing, ga akan coret2 puisi dulu. Hahahahah.....
Ini pengalamanku ketika hardisk eksternal tiba-tiba ga kedetek sama PC. Dunia serasa mau kiamat. Bayangkan, file2 aku dari jaman kuliah ada disana semua.
Hardisk ekternal aku merk Seagate, pernah terjatuh 3 kali dan benturan beberapa kali. Tapi dalam kondisi terbungkus pelindung. Malam sebelum kejadian aku memutar file video komedi dr hardisk itu menggunakan laptop. Ketika samapai di kantor, hardisk aku ga terbaca. Muncul perintah untuk di format jika mau menggunakan.
Sebetulnya masik kedetek di explore, tapi jadi tidak bernama dan ketika di klik drive hardisk nya muncul pesan minta di format itu. Setelah tanya kanan kiri, banyak berpendapat itu gara2 kabel datanya yg ga beres. Tp menurut aku asa ga mungkin kalo masalahnya dari kabel. Buktinya masih terbaca di komputer.
Akhirnya aku menggunakan senjata pamungkas, nanya ke mbah google. Dari berbagai macam artikel yg aku temukan, berikut langkah2 yang sudah aku praktekan samapi hardisk aku bisa sembuh kembali.... :D

1.  Masuk ke cmd. Caranya tekan lambang windows para keyboard sambil menekan huruf R. Lalu ketikan cmd, akan muncul halaman sebagai berikut:

Langsung klik "ok"

2. Setelah itu akan langsung masuk ke halaman cmd.... Langsung ketikan perintah chkdsk g: /r
chkdsk itu artinya cek hardisk, g: itu nama drive hardisk yg terbaca pada komputer /r perintah untuk membaca hardisk. Seperti tertera pada gambar berikut:


Gambar-gambar diatas merupakan proses yang berjalan ketika perintah chkdsk g: /r berjalan. Membutuhkan waktu semalaman. Aku mulai pukul 19.30 ba'da isya baru selesai pukul 6 pagi. Mungkin ini disebabkan file yang terdapat di dalam hardisk aku lumayan banyak. 

3. Jika pembacaan telah selesai, akan muncul sebagai berikut dalam halaman cmd nya....





Kemudian langsung coba cek di explore nya, Insya Allah akan muncul kembali seperti sedia kala... Hahahahah...... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi kolom Komentar...

ULANGAN SEMESTER GENAP T. P. 2020/2021 JURUSAN TKJ

  ULANGAN SEMESTER GENAP T. P. 2020/2021 Mata Pelajaran : Produktif Komputer Jaringan Kelas / Program Keah...